SLIDE1

Memilih Obat Batuk Untuk Ibu Menyusui Yang Aman Dan Alami

 

Batuk atau pilek terkadang membuat galau para bunda. Pasalnya, kondisi ini bisa membuat dilema. Jika tidak diobati, khawatir buah hati menjadi tertular. Tapi jika minum obat, khawatir justru akan memengaruhi ASI. Kalau sudah begini, perlu pintar-pintar dalam memilih obat batuk yang aman untuk ibu menyusui. Ini demi menghindari kandungan yang berbahaya di dalam obat.

Sebenarnya, selama masa menyusui, Bunda masih bisa mengonsumsi beberapa jenis obat. Hanya saja, obat tersebut akan mengalir ke dalam ASI dalam jumlah kecil dan dapat masuk ke dalam tubuh bayi. Inilah alasan kenapa ibu menyusui harus mengonsultasikan lebih dulu obat yang akan dikonsumsi kepada dokter.

Pintar Memilih Obat Batuk untuk Ibu Menyusui dan Hindari Hal Ini
Beberapa obat masih bisa dikatakan aman untuk ibu menyusui. Tapi, tentu Anda tidak bisa sembarang begitu saja memilih obat batuk. Ada beberapa kandungan obat yang disarankan untuk Anda hindari agar tidak terlalu membahayakan atau memengaruhi produksi ASI.

Misalnya, codeine dan aspirin yang berfungsi sebagai pereda nyeri. Selain itu, guaifenesin yang biasanya terdapat di obat batuk dan berfungsi sebagai ekspektoran (mengeluarkan dahak) juga disarankan untuk dihindari. Lalu, jenis obat yang memberikan efek kantuk karena mengandung antihistamin juga sebaiknya dihindari oleh ibu menyusui. Dan obat jenis dekongestan (pelega sumbatan hidung) seperti phenylephrine dan phenylpropanolamine yang banyak terkandung di dalam obat-obat flu.

Perlahan Tapi Pasti Menyembuhkan
Jangan keburu panik dan ingin batuk hilang seketika. Anda dapat melakukan beberapa cara lain untuk meredakan batuk saat menyusui. Misalnya dengan minum cukup air mineral, cukup istirahat, melakukan terapi uap, dan menjaga apa yang Anda konsumsi. Atau Anda dapat mencoba ramuan alami dari air hangat yang dicampur madu dan perasan air lemon. Kalaupun Anda ingin minum obat, ibuprofen dan paracetamol diperkirakan cukup aman untuk dikonsumsi. Namun, alangkah lebih baik jika Anda melakukan konsultasi lebih dulu dengan dokter Anda.

Ini Dia Obat Batuk untuk Ibu Menyusui Secara Alami
Tetap takut minum obat tapi ingin lekas sembuh? Jika istirahat dan minum air saja dirasa tidak cukup, jangan khawatir. Berikut ini adalah beberapa obat batuk untuk ibu menyusui yang aman, alami, dan tentunya bisa Anda konsumsi.

Madu
Mungkin Anda sudah pernah mendengar sebelumnya bahwa madu bisa menjadi salah satu pilihan obat batuk alami. Begitu juga dengan ibu menyusui. Kandungannya bisa menjadi obat batuk untuk ibu menyusui yang sangat aman dikonsumsi. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau dengan mencampurkannya dengan teh hangat. Bahkan, jika mencampurkannya dengan teh herbal hangat atau perasan jeruk lemon, bahan ini akan lebih melegakan tenggorokan. Karena madu dipercaya untuk menyejukkan tenggorokan dan lemon diduga membantu meredakan gejala peradangan.

Nanas
Tidak hanya madu, nanas ternyata juga bisa menjadi obat batuk untuk ibu menyusui yang aman dikonsumsi. Pasalnya, nanas mengandung bromelain yang diduga dapat membantu mengeluarkan lendir dari dalam tenggorokan, serta meredakan batuk.

Probiotik
Probiotik merupakan mikroorganisme yang biasanya terdapat di produk minuman atau yogurt. Kandungan ini bisa memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Probiotik tidak bekerja langsung untuk menghilangkan batuk. Tapi, probiotik dapat mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh dengan menyeimbangkan bakteri yang hidup di usus Anda. Meski begitu, Anda juga harus berhati-hati dalam mengonsumsinya. Karena jika dikonsumsi secara berlebihan, justru dapat membuat dahak di tenggorokan semakin tebal.
Kini Anda sudah tahu obat batuk untuk ibu menyusui yang tergolong aman, bukan? Selain mengonsumsi beberapa jenis obat di atas, Anda juga bisa mandi air hangat untuk membantu meredakan batuk. Mandi air hangat dapat membantu dalam menipiskan atau mengurangi cairan di dalam hidung yang juga memengaruhi batuk.

Sakit batuk saat sedang menyusui buah hati bisa sangat menyiksa Anda. Tapi, Anda dianjurkan tetap bijak dalam memilih obat batuk untuk ibu menyusui yang aman dikonsumsi. Jika beberapa cara di atas tidak berhasil, segera konsultasikan dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut.

0 on: "Memilih Obat Batuk Untuk Ibu Menyusui Yang Aman Dan Alami "